Selasa, 18 Agustus 2015

APOTEKER? APAAN TUH?

Apoteker? Apaan tuh?

Kebanyakan orang tidak mengetahui profesi ini, atau sebagian besar menganggap apoteker itu ya orang yang jualan obat di apotek. Sekedar mengambilkan atau melakukan peracikan obat sesuai resep dokter. Sehingga gelar "Apt" yang melekat di belakang nama seorang apoteker sering diplesetkan menjadi "Apaan tuh?".

Tetapi sebenarnya profesi apoteker tidak sesempit itu. Secara garis besar bidang ilmu dari seorang apoteker ada banyak seperti: Farmasi Klinik, Farmasi Sains, dan Farmasi Industri.

Farmasi Klinik adalah salah satu bidang dari ilmu farmasi yang fokus pada pelayanan kefarmasian di fasilitas kesehatan (rumah sakit, apotek, puskesmas, dan klinik). Tidak sekedar menjual obat lalu selesai, tetapi apoteker farmasi klinik yang baik akan memberikan edukasi kepada pasien tentang cara penggunaan obat yang baik, memberikan pelayanan konseling atau konsultasi obat kepada pasien yang membutuhkan, melakukan pemantauan terapi obat, dan melakukan evaluasi hasil terapi obat. Tujuannya sederhana yaitu untuk mencapai hasil terapi yang optimal yang ujung-ujungnya meningkatkan kualitas hidup pasien.

Farmasi Industri adalah salah satu bidang ilmu farmasi yang fokus pada pekerjaan kefarmasian di Industri Farmasi. Tugas utama dari apoteker di bagian ini adalah menerapkan cara pembuatan obat yang baik di Industri Farmasi, dimulai dari penyediaan bahan baku obat yang berkualitas, melakukan proses produksi dan pengawasan mutu sesuai standar, sampai diperoleh obat jadi yang siap digunakan oleh pasien.

Farmasi Sains adalah salah satu bidang ilmu farmasi yang fokus pada riset-riset di bidang kefarmasian terutama untuk menemukan obat baru baik dari bahan-bahan alami maupun sintesis yang lebih baik dari obat-obat sebelumnya (lebih manjur dan kurang toksik), membuat sediaan-sediaan farmasi (contoh: tablet, sirup, kapsul, nanopartikel) yang lebih baik dari sisi stabilitas, bentuk, warna , rasa, bau sehingga obat yang diberikan kepada pasien tidak sekedar berkhasiat tetapi juga nyaman ketika digunakan dan dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Karena bidang ilmunya sangat luas maka ilmu-ilmu dasar yang harus dikuasai juga beragam. Di bidang farmasi klinik, paling tidak seorang apoteker harus menguasi ilmu -ilmu antara lain : farmasetika, farmakologi, farmakoterapi, farmakoekonomi, komunikasi dan konseling. Di bidang farmasi industri dan sains, terutama di industri farmasi yang mempunyai bidang riset dan pengembangan yang bagus, ilmu-imu dasar yang harus dikuasai hampir sama yaitu kimia analisis, statistika, teknologi farmasi, biologi farmasi, farmkologi.

Nah, itulah sedikit gambaran tentang profesi apoteker. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

1 komentar: